Blog untuk tanya jawab mengenai materi dan soal-soal SD SMP SMA

Sistem Transport Membran Sel

logo tetap biologi

Transport sel adalah proses pertukaran molekul yang terjadi pada sel. Ada dua macam transport sel berdasarkan kebutuhan energinya.

1. Transport Pasif
Transport pasif ini tidak memerlukan energi, jadi berlangsung secara spontan. contohnya adalah :
  • Difusi yaitu proses perpindahan molekul dari molekul berkerapatan tinggi atau pekat atau kental (Hipertonis) ke molekul berkerapatan rendah atau encer (Hipotonis). Contohnya perpindahan molekul gula dalam air yang secara perlahan membuat molekul gula (hipertonis) larut dalam air (hipotonis).
  • Osmosis yaitu proses perpindahan molekul dari molekul hipotonis ke molekul hipertonis dengan syarat melalui membran semipermeable / selektif permeable. Membran ini memiliki kemampuan untuk memilah molekul tertentu yang melewatinya. Biasanya molekul berukuran besar (ex.glukosa) tidak bisa melewatinya, tetapi molekul berukuran kecil (ex.air) bisa melewatinya. Membran ini terdapat hampir di semua sel tubuh makhluk hidup seperti membran sel. Hal ini menyebabkan reaksi yang berbeda pada sel tanaman dan sel hewan seperti peristiwa osmosis, krenasi dan lisis.
    Lisis, Krenasi, Plasmolisis
  • Difusi Terfasilitasi adalah proses difusi yang menggunakan bantuan dari molekul tertentu seperti protein membran untuk memindahkan zat dari konsentrasi tinggi (hipertonik) ke konsentrasi rendah (hipotonik). Contohnya adalah proses perpindahan glukosa dari usus halus ke pembuluh darah. Karena glukosa tidak bisa dipindahkan dengan difusi biasa maka dibutuhkan bantuan dari molekul protein membran usus halus untuk memindahkannya ke darah.

2. Transport Aktif
Transport Aktif memerlukan energi dalam prosesnya. Sebagian besar transport aktif memindahkan molekul dari hipotonik ke hipertonik. ada beberpa contoh transport aktif yaitu :
  • Pompa Ion K-Na adalah proses pertukaran ion K+ dengan Na+ melalui membran sel. Tujuannya adalah dengan memompa 3 ion Na+ keluar maka dengan bantuan ATP bisa memasukkan 2 molekul Na+ ke dalam sel.
  • Endositosis & Eksositosis yaitu proses pemasukan dan pengeluaran zat ke dalam dan keluar sel dengan membentuk vesikula. Contoh endosistosis adalah proses Amoeba menelan mangsa, dan eksositosis contohnya proses sekresi hormon dari sel.
  • Fagositosis adalah salah satu tipe endositosis yang dilakukan oleh sel darah putih sewaktu menelan bakteri dan antigen asing lainnya.
Labels: XI

Thanks for reading Sistem Transport Membran Sel. Please share...!

0 Comment for "Sistem Transport Membran Sel"

Back To Top