Blog untuk tanya jawab mengenai materi dan soal-soal SD SMP SMA

Teori Sel

logo tetap biologi
Sebelumnya saya minta maaf karena banyak bab atau sub-bab yang saya tulis disini. Seharusnya bab ini merupakan pendahuluan dari materi kelas 11 sebelum memasuki inti materi tentang sel dan organelnya. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Inilah rangkuman mengenai teori sel dengan ilmuwan yang terlibat didalamnya.



    Pengetahuan tentang prinsip dasar makhluk hidup berkembang sejak jaman dahulu kala. Tetapi karena keterbatasan alat, makhluk hidup hanya dapat dipahami dengan menggunakan hasil tangkapan alat indra saja. Pengetahuan tentang makhluk hidup baru mulai berkembang pesat semenjak ditemukannya mikroskop sederhana pertama buatan Anthony van Leuwenhoek.
    Berikut ini beberapa nama ilmuwan dengan hasil pengamatan yang dilakukan mengenai sel sebagai dasar kehidupan.
  1. Anthony van Leeuwenhoek merupakan ilmuwan yang berkontribusi besar dalam pengetahuan tentang sel karena berhasil menemukan mikroskop. Mikroskop dengan 1 kaca dan perbesaran 270x ini berhasil menjembatani dunia multiseluler dengan uniseluler dengan ditemukannya mikroba seperti protozoa dan protista yang lain.
  2. Robert Hooke merupakan ilmuwan yang yang melihat dan menggunakan istilah ‘Cell’ pertama kali setalah dia melihat irisan gabus tutup botol dengan mikroskop buatannya. Menurut dia, cell berbentuk segienam, dengan ruangan kosong di tengahnya. Karena keterbatasan alat, dia tidak mampu menemukan organel sel di dalamnya sehingga menganggap sel merupakan struktur benda mati. Hanya saja Robert Hooke menemukan bahwa hampir semua bagian tubuh makhluk hidup yang diamatinya memiliki struktur yang sama.
  3. Theodor Schwann and Matthias Jakob Schleiden adalah dua penemu yang memberi peran besar dalam pengetahuan tentang sel. Mereka berdua mengambil kesimpulan bahwa semua struktur dari makhluk hidup merupakan sel, dan semua bagian tubuh dari makhluk hidup merupakan hasil atau derivat (turunan) dari sel.
  4. Rudolf Virchow merupakan ilmuwan yang mengeluarkan makalah berjudul ‘ Omnis cellula e cellula’ yang berarti bahwa sel berasal dari sel sebelumnya.
  5. Max Schultze mengatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional dari makhluk hidup.
  6. Robert Brown merupakan penemu inti sel dan juga adanya pergerakan pada sitoplasma.
  7. Felix Dujardin merupakan ilmuwan yang mengatakan bahwa setiap sel makhluk hidup memiliki sitoplasma.
  8. Johanes Purkinje adalah orang yang pertama kali mengenalkan istilah protoplasma sebagai cairan yang terdapat dalam sel.
  9. Hanstein menyatakan bahwa sel merupakan kantong tempat organel-organel sel berada.
  10. Rene Dutrochet menyatakan bahwa sel sebagai kesatuan pertumbuhan. Ia menyatakan bahwa suatu makhluk hidup dikatakan tumbuh apabila ada pertambahan volume tubuh. Penambahan volume tubuh tersebut disebabkan karena pertambahan volume sel dan pertambahan jumlah sel
Labels: Biologi, XI

Thanks for reading Teori Sel. Please share...!

0 Comment for "Teori Sel"

Back To Top