Blog untuk tanya jawab mengenai materi dan soal-soal SD SMP SMA

Materi Macam dan Tipe Jaringan Epitel di Hewan

Materi yang akan kita bahas hari ini adalah mengenai macam-macam sel epitelium pada hewan. Jaringan yang fungsi utamanya sebagai penutup jaringan yang lain ini terkadang keluar di soal SBMPTN dan Ujian Nasional. Materi ini bisa dikatakan pure hapalan, jadi lumayan menyulitkan dan membosankan.
So this is it... Jaringan Epitel kawan ^^

Epitelium adalah lapisan sel yang menutupi permukaan tubuh atau permukaan rongga tubuh. Ada 2 macam epitel di tubuh manusia. Epitel Pelindung dan Epitel Kelenjar.

Epitel Pelindung digolongkan biasanya berdasarkan jumlah lapisan sel epitelium dan juga tipikal bentuk sel penyusunnya. Ada 2 macam lapisan sel, yaitu selapis dan berlapis. Serta tiga macam bentuk sel yaitu pipih, kubus, dan silindris.
  • 1. Simple squamous epithelium / Epitel pipih selapis : bentuknya pipih dan berjejer mirip dengan lantai keramik. Ditemukan di tempat terjadinya tempat tukar menukar. Seperti di membran paru-paru dan di glomerulus ginjal. Ada 2 macam epitel pipih selapis berdasarkan letaknya yaitu :
  1.  Mesotelium yang bertugas mengurangi gesekan di pembuluh limfa dan organ berongga lainnya (jantung, pembuluh darah, kapiler).
  2. · Mesotelium yang ditemukan di membran serous (membran yang mengelilingi rongga perut dan menyelimuti organ-organ di dalamnya). 
  • 2. Simple cuboidal epithelium / Epitel Kubus Selapis : terbentuk dari selapis sel kubus dengan ketinggian yang sama. Berfungsi untuk sekresi dan absorbsi di kelenjar dan ginjal. 
  • 3. Simple columnar epithelium / Epitel Silindris Selapis : tersususun dari selapis sel silindris yang rapat yang terdapat di sepanjang saluran pencernaan dari lambung hingga rektum dan terdapat mikrovili di permukaan atasnya. Biasanya juga terdapat silia di permukaan atasnya.
  • 4. Pseudostratified columnar epithelium / Epitel silindris berlapis semu : Epitel ini memiliki tinggi sel yang berbeda beda, sehingga yang tampak dari permukaan hanya sel yang terlihat lebih tinggi. Saat dilihat menggunakan mikroskop, epitel ini tampak seperti epitel berlapis, sesungguhnya ini hanya epitel selapis tapi nampak bertumpuk karena tiap selnya memiliki ukuran yang berbeda beda.
  • 5. Stratified squamous epithelium / Epitel Pipih Berlapis : Epitel yang paling banyak jumlahnya dalam tubuh, dan berfungsi utama sebagai alat proteksi (pelindung). Lapisan-lapisan atasnya tersusun atas sel pipih, tetapi lapisan bawahnya terkadang disusun oleh sel kubus atau silindris. Epitel ini terdapat di permukaan kulit.
  • 6. Stratified cuboidal epithelium / Epitel Kubus Berlapis : Jarang terdapat di manusia. Epitel ini ada di saluran kelenjar keringat dan susu. Biasanya tersusun oleh dua lapis sel berbentuk kubus.
  • 7. Stratified columnar epithelium / Epitel Silindris Berlapis : jarang terdapat pada manusia. Hanya ada di bagian kecil organ tertentu saja seperti faring, urethra pria. Epitel ini bisanya merupakan penghubung antara epitel yang berlainan jenisnya.
  • 8. Transitional epithelium / Epitel Transisional : melapisi dinding membran vesika urinaria (kandung kemih) yang bisa mengembang dan mengkerut jika ada perubahan dari jumlah urine yang ditampung. Sel epitel ini berubah menjadi pipih saat mengembang, dan kubus saat mengkerut. 

Macam tipe epitelium silindris kubus pipih selapis berlapis semu transisional
Macam Epitelium
Materi mengenai epitel kelenjar biasanya jarang dikeluarkan dalam kurikulum sekolah di indonesia. Untuk pengayaan singkat, saya sertakan gambar macam-macam epitel kelenjar. 

Tipe macam epitel kelenjar alveolar tubular sederhana bercabang bergelung
Macam Tipe Epitel Kelenjar
 Oke, cukup sekian dulu materi dan pembahasan mengenai jaringan hewan khususnya jaringan epitel. See You ^^
Labels: Biologi, XI

Thanks for reading Materi Macam dan Tipe Jaringan Epitel di Hewan. Please share...!

0 Comment for "Materi Macam dan Tipe Jaringan Epitel di Hewan"

Back To Top