Blog untuk tanya jawab mengenai materi dan soal-soal SD SMP SMA

Materi Jaringan Ikat pada Hewan

Logo biologi tetap
Materi hari ini kita lanjutkan ke bahasan mengenai jaringan ikat. Jaringan yang dibentuk oleh mesoderm ini sebagian besar terletak di bagian tengah tubuh. Perhatikan tentang struktur tulang, Osifikasi, dan juga perbedaan antara hialin, elastin, dan fibrosa. Umumnya hanya keluar pada soal Ujian Nasional saja, jarang sekali nampak pada soal SBMPTN.

Jaringan ikat menurut bahasanya berarti jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan yang lain. Jaringan ini juga berfungsi untuk menempelkan jaringan atau organ lain ke tubuh. Sel sel jaringan ikat tersebar diantara matriks ekstraseluler yang menjadi dasar dari jaringan ini.

Serat Penyusun jaringan ikat
1. Serat Kolagen : berwarna putih, elastisitas rendah, daya regang tinggi. banyak terdapat di tendon.
2. Serat Elastin : berwarna kuning, tipis, sangat lentur. terdapat di pembuluh darah, ligamen, laring
3. Serat Retikuler : mirip dengan elastin, dengan ukuran yang lebih kecil dan tipis, bercabang dan membentuk retikulum. terdapat pada jaringan limfe dan hati.

Komponen Sel pada Jaringan Ikat
1. Fibroblas : sel-sel yang paling umum dalam jaringan ikat, bertanggung jawab untuk sintesis matriks ekstraseluler komponen.
2. Makrofag : perkembangan dari monosit darah yang berfungsi untuk fagositosis virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
3. Sel Tiang : sel yang berfungsi sebagai penghasil heparin dan histamin
4. Sel Adiposa : menyimpan lemak.
5. Sel plasma : memiliki bentuk yang tidak teratur dan berfungsi untuk melawan patogen. Sel ini kebanyakan ditemukan pada saluran pencernaan dan pernapasan.


Macam jaringan ikat

Jaringan Ikat Longgar
Jaringan ikat longgar jaringan yang sel-selnya jarang dan sebagian jaringannya tersusun atas matriks yang mengandung serabut kolagen dan serabut elastin. Matriknya berupa cairan lendir (mukus). Di jaringan ini terdapat makrofag, sel plasma, sel tiang, dan sel lemak. Fungsi jaringan ikat longgar adalah untuk membungkus organ-organ tubuh, pembuluh darah, dan saraf. Fungsi jaringan ikat longgar:
1. Memberi bentuk organ dalam
2. Menyokong dan mengelilingi berbagai organ
3. Menghubungkan elemen dari seluruh jaringan lain
4. Menopang sel-sel saraf dan pembuluh darah
5. Menyimpan glukosa, air, dan garam-garam mineral.

Jaringan Ikat Padat
Jaringan ikat padat disusun oleh sel-sel fibroblas dan terdapat banyak serat kolagen yang tersusun padat dan teratur. Serabut kolagen bersifat fleksibel tetapi tidak elastis. Jaringan ikat padat terdapat pada tendon dan ligamen. Tendon berfungsi sebagai penghubung antara tulang dengan otot sedangkan ligamen berfungsi sebagai penghubung tulang dengan tulang lainnya.
Fungsi jaringan ikat padat:
1. Sebagai penyokong atau proteksi
2. Menghubungkan antara otot dan tulang (tendon)
3. Menghubungkan antara tulang dan tulang (ligamen)
4. Membungkus dan melindungi tulang
5. Melindungi organ tertentu misal kapsul pada ginjal atau pembungkus jantung.

Jaringan Tulang Rawan
Tulang rawan pada anak berasal dari jaringan embrional yang disebut mesenkim. Sedangkan pada orang dewasa berasal dari selaput tulang rawan atau perikondrium yang mengandung banyak kondroblas atau pembentuk sel-sel tulang rawan. Jaringan tulang rawan (kartilago) terdiri dari tiga macam yaitu hialin, fibrosa, dan elastis. Berdasarkan matriksnya, tulang rawan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Hialin : serat kolagen tersebar dalam bentuk anyaman halus dan rapat, berwarna biru bening.
2. Elastis : serat kolagen tidak tersebar dengan bentuk bergelombang, berwarna kuning.
3. Fibrosa : serat kolagen kasar, tidak teratur, dan berwarna gelap keruh.

Jaringan Tulang Keras
Jaringan tulang keras atau osteon adalah jaringan ikat yang disusun oleh sel-sel tulang yang disebut osteosit. Sel-sel tulang dibentuk oleh osteoblas. Matriks penyusun jaringan tulang berupa serat kolagen. Tulang lebih keras daripada tulang rawan karena mengandung kalsium fosfat yang memperkeras matriksnya. Fungsi jaringan tulang :
1. Membentuk kerangka untuk menyokong tubuh
2. Melindungi bagian tubuh yang lunak atau organ dalam
3. Sebagai alat pengikat otot-otot rangka
4. Sebagai alat gerak pasif
5. Sebagai tempat penimbunan zat mineral
materi struktur anatomi tulang keras osteon kanal havers sistem lakuna lamela osteosit
Struktur Tulang Keras (Sistem Havers)
Jaringan Adiposa / Lemak
Jaringan lemak (adiposa) adalah jaringan yang berfungsi untuk menyimpan lemak yang merupakan cadangan makanan dan penghangat tubuh. Jaringan lemak bersifat longgar dan selnya berbentuk bulat dengan membran sel yang tipis.

Jaringan Darah
Jaringan darah adalah jaringan ikat yang istimewa karena wujudnya berupa cairan. Jaringan darah termasuk jaringan ikat karena memiliki salah satu kriteria jaringan ikat yaitu memiliki matriks ekstraseluler yang berupa cairan yaitu plasma darah. Fungsi jaringan darah yaitu : 
1. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
2. Mengangkat nutrisi ke sel tubuh
3. Mengangkut zat ekskresi sisa metabolisme
4. Mengedarkan hormon dari kelenjar ke bagian yang membutuhkan
5. Bagian dari sistem imun.

Jaringan Limfe
Jaringan limfe (getah bening) berfungsi untuk kekebalan tubuh serta mengangkut cairan jaringan, protein, lemak, garam mineral, dan zat-zat lain dari jaringan ke sistem pembuluh darah. Jaringan limfe terdapat pada organ-organ seperti timus, kelenjar limfe, tonsil, dan limpa.
Labels: Biologi, XI

Thanks for reading Materi Jaringan Ikat pada Hewan. Please share...!

0 Comment for "Materi Jaringan Ikat pada Hewan"

Back To Top